Mau tahu cara menjadi kontraktor ?

Cara menjadi kontraktor – Menjadi seorang kontraktor tentu memiliki masa depan yang bagus seiring dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan properti. Kontraktor yang sering disebut juga sebagai pemborong ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik yang memiliki modal maupun yang tidak memiliki modal. Asalkan ada kemauan dan semangat maka Anda pun tidak mustahil bisa menjadi seorang kontraktor yang sukses. Cara menjadi kontraktor tanpa modal bukan suatu yang tidak mungkin asalkan Anda tahu caranya, dapat mengekplor potensi diri dan sumberdaya yang ada, dankualitas energi yang tinggi.

Modal uang bukanlah satu-satunya hal penting dalam menekuni pekerjaan sebagai seorang kontraktor. Ada banyak kontraktor sukses yang dahulu memulai pekerjaannya tersebut dari bawah, tanpa modal. Untuk menjadi seorang kontraktor yang sukses namun tidak memiliki modal, maka Anda perlu memperhatikan beberapa cara menjadi kontraktor. Lalu, seperti apa sajakah cara-cara tersebut?

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang kontraktor, tapi tidak memiliki modal, janganlah khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara menjadi kontraktor yang dapat Anda lakukan. Dengan mengikuti semua cara di bawah ini, tidak mustahil nama Anda akan masuk dalam deretan nama kontraktor sukses di Indonesia.

1. Menimba ilmu dengan bekerja di perusahaan kontraktor

Cara menjadi kontraktor dapat Anda lakukan dengan menimba ilmu sekaligus pengalaman secara gratis dengan bekerja di perusahaan kontraktor selama 1 hingga 5 tahun. Dengan bekerja selama itu, maka Anda akan memiliki ide sekaligus strategi yang dibutuhkan dalam membuka bisnis properti.

2. Menimba ilmu secara langsung dengan belajar aktif dari kontraktor senior yang sukses

Jika Anda tidak bisa bekerja di perusahaan kontraktor, cara menjadi kontraktor yang berikutnya adalah dengan belajar langsung kepada para kontraktor yang sudah sukses, yaitu dengan mengikuti pelatihan, seminar, ataupun membaca buku mengenai bagaimana cara menjadi kontraktor sukses.

3. Menjalin relasi dengan orang luar

Cara menjadi kontraktor yang berikutnya adalah dengan membangun relasi yang baik dengan berbagai pihak yang dapat mendukung bisnis properti Anda, seperti pemasok, arsitek, klien, dan sebagainya.

4. Menyusun rencana bisnis yang matang

Cara menjadi kontraktor yang selanjutnya adalah dengan menyusun rencana bisnis yang matang. Dengan memiliki rencana bisnis ini maka Anda akan lebih fokus dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

5. Mengajukan pinjaman modal

Mengajukan pinjaman modal ke bank atau ke pihak lain juga termasuk sebagai salah satu cara menjadi kontraktor. Hal ini perlu dipertimbangkan karena mengingat bisnis properti membutuhkan modal untuk membeli bahan baku material, membayar tukang dan arsitek, membayar subkontraktor, dan sebagainya.

6. Memperluas bisnis

Cara menjadi kontraktor yang sukses adalah dengan melakukan perluasan bisnis. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mengikuti tender beberapa proyek yang disesuaikan dengan kemampuan dan modal Anda.

7. Melakukan promosi yang efektif

Melakukan promosi juga termasuk salah satu cara menjadi kontraktor. Promosi terbaik dalam bidang properti ini adalah memberikan layanan dan hasil pembangunan properti yang memuaskan konsumen. Dengan memberikan kepuasan pada konsumen tentu hal ini menjadi promosi yang sangat efektif dari mulut ke mulut.

8. Mengurus izin usaha

Setelah usaha Anda mulai memperlihatkan kemajuan maka cara menjadi kontraktor yang selanjutnya adalah dengan memiliki izin usaha. Hal ini penting Anda lakukan agar usaha kontraktor yang Anda geluti ini makin terpercaya sehingga akan lebih mudah maju dan sukses.

 

Sumber: http://zonakaya.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *